Sabtu, 11 September 2010

Bahasa Dan Faktor Pengaruhnya

Seperti yang kita semua kita ketahui bahwa, bahasa adalah sebuah interaksi yang digunakan manusia yang secara umumnya digunakan untuk mengungkapkan atau memberikan informasi kepada orang lain. Bahasa tidak hanya digunakan dalam bentuk lisan, tetapi juga dapat menggunakan beberapa bentuk, yaitu gerak gerik, perilaku atau sikap (dapat juga disebut bahasa tubuh), dan bahasa isyarat (yang dilakukan dengan cara pemberian kode atau tanda untuk menyampaikan sesuatu atau informasi yang seperti halnya tanda penunjuk jalan, informasi, dan sebagainya.

Pada dasarnya, penggunaan bahasa yang benar dan tepat penggunanya akan menunjukkan sifat yang bijaksana, dikagumi dan pembicaraannya akan diperhatikan oleh para pendengarnya. Oleh karena itu, tentu saja kita harus bisa menggunakan bahasa yang sesuai dengan etika-etika berbahasa dan memperhatikan situasi dan kondisi dimana kita berada.

Sudah menjadi hal yang umum bahwa akan ada perbedaan cara pengungkapan suatu bahasa dari berbagai kelompok, baik dalam bentuk ekspresinya ataupun dari bentuk dialeknya. Hal ini menunjukkan bahwa tidak menutup kemungkinan untuk setiap pengguna bahasa itu terdapat ciri-ciri khas tertentu yang menunjukkan tentang dirinya. Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi bentuk-bentuk berbahasa:
1.Keluarga
Dalam tataran keluarga sangat memengaruhi terhadap segala aspek perilaku, sikap, dan cara berbahasa. Hal ini dikarenakan keluarga adalah suatu wadah yang pertama kali seseorang mengenal hidup dan kehidupan, tentu saja dalam suatu keluarga itu bisa membawa dan membentuk arah sang anak dalam berbahasa.

2.Lingkungan tempat tinggal
Setelah keluarga interaksi manusia adalah lingkungan sekitar, dari lingkungan sekitar manusia meniru bahasa yang digunakannya, dalam hal ini sangat memberikan dan menunjukkan ciri-ciri khas tertentu pada orang lain.

3.Kebiasaan
Pengembangan dan pengaruh suatu bahasa bisa disebabkan dengan kebiasaan dalam berinteraksi, baik dalam formal ataupun non-formal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar